Kajian Ilmiah Desain Aktuator pada Berbagai Bidang

Prodi Teknik Fisika, melakukan project UAS pada mata kuliah Mekatronika yaitu Kajian Ilmiah Design Aktuator pada berbagai bidang. Kajian Ilmiah ini meminta mahasiswa untuk mengkaji design aktuator untuk berbagai bidang seperti bidang pertanian, bidang industri, robotik, bidang transportasi dan bidang-bidang lainnya.

Nike Dwi Grevika Drantantiyas, S.Si, M.T., selaku salah satu Dosen Pengampu Mekatronika menjelaskan bahwa projek ini merupakan bagian dari UAS yang bertujuan untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yaitu :

  1. kemampuan mengidentifikasi, merumuskan dan memecahkan masalah rekayasa yang kompleks dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip rekayasa, sains, dan matematika
  2. kemampuan melakukan desain rekayasa untuk menghasilkan solusi yang memenuhi kebutuhan tertentu dengan memperhatikan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan publik, serta faktor-faktor global, kultur, sosial, lingkungan, dan ekonomi.

Adapula tujuan lain yang sangat diharapkan dari projek ini. Projek UAS ini merupakan bentuk lain dari “Research based Learning” yang sudah dirancang untuk mahasiswa, apalagi disaat kondisi PANDEMIK COVID -19.

Kemampuan mahasiswa yang dilatih dalam projek ini adalah mengasah dan mengembangkan soft skill yaitu mengkaji, meneliti (observasi), memotong (cut information), mengkritisi, dan meringkas atau menyimpulkan.

Kemampuan-kemampuan ini yang sebenarnya dasar yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa sebagai seorang calon engineer bahkan agent of change. Mahasiswa diajak keluar dari zona “tempurung” nyaman perkuliahan dengan bertujuan untuk dapat melek terhadap perkembangan teknologi yang semakin berkembang setiap saat.

Projek UAS ini dilaksanakan oleh mahasiswa secara berkelompok (sekitar 4-5 orang), dengan total 9 kelompok. Mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih topik bidang. Selanjutnya, mahasiswa diminta membuat kajian ilmiah dalam bentuk karya ilmiah dan video presentasi yang bertujuan untuk mengedukasi hasil pemikiran kajian mereka. Kajian-kajian hasil karya mahasiswa adalah sebagai berikut:

  1. Kelompok 1: https://youtu.be/A5YuUon2Qr4
  2. Kelompok 2: https://youtu.be/kwhQczbHoO4
  3. Kelompok 3: https://youtu.be/9dlAo4NX8OU
  4. Kelompok 4: https://youtu.be/ZraM-DiFfHI
  5. Kelompok 5: https://youtu.be/HQIkOsCx0FQ
  6. Kelompok 6: https://youtu.be/sm_ewbk2i_o
  7. Kelompok 7: https://youtu.be/hwohqxET3UM
  8. Kelompok 8: https://youtu.be/2HSFxJCMVU0
  9. Kelompok 9: https://youtu.be/2LPvft3KvlY

Semoga projek mahasiswa ini dapat mengedukasi dan memberikan pengetahuan tentang dunia Mekatronika. Mohon beri 1 like sebagai bentuk support untuk mengapresiasi kinerja mahasiswa serta bentuk positif untuk perkembangan mahasiswa.

CONNEX Energy Meet Up: Bandar Lampung

Energi terbarukan merupakan salah satu poin penting dalam memastikan kedaulatan energi di Indonesia.

Selama setahun terakhir New Energy Nexus secara rutin mengadakan CONNEX Energy Meet Up di kota-kota besar di pulau Jawa dan Bali sebagai wadah jejaring dan diskusi bagi para penggiat Energi Terbarukan.

New Energy Nexus akan rutin mengadakan CONNEX Energy Meet Up di kota-kota besar di luar pulau Jawa & Bali di tahun 2020, untuk masa depan energi terbarukan bagi 100% penduduk Indonesia!

Pada event CONNEX Energy Meet Up di Bandar Lampung kali ini, New Energy Nexus mengundang:

  • Seno Manggala selaku Business Development dari Pendulum startup ini sedang mengembangkan teknologi wave energy converter.
  • Diyanto Imam selaku Program Director dari New Energy Nexus Indonesia.

Kita akan berdiskusi mengenai peluang, tantangan, dan pengalaman di sektor energi terbarukan dari berbagai perspektif.

24 Februari 2020, 18:30 – 22:00 WIB

Sheraton Lampung Hotel

DAFTAR SEKARANG, klik tombol tickets di atas dan isi informasi yang diminta secara lengkap. Informasi lebih lanjut hubungi: Aditya.p@newenergynexus.com.

Perbandingan Peminat Teknik Fisika ITERA Tahun 2018 dan 2019

Grafik-grafik berikut menunjukkan perbandingan peminat calon mahasiswa Teknik Fisika Institut Teknologi Sumatera dari tahun 2018 ke 2019. Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di ITERA dapat ditempuh melalui 3 jalur: SNMPTN, SBMPTN, dan SMMPTN.

Secara total minat terjadi kenaikan signifikan, namun secara amatan spesifik pada jalur SNMPTN terjadi penurunan minat. Sementara pada jalur SBMPTN terjadi kenaikan 4 kali lipat. Kuota penerimaan mahasiswa melalui jalur SNMPTN adalah 45 orang, sementara dua tahun belakang kuota tersebut tidak pernah terpenuhi.

Perbandingan peminat TF ITERA pada jalur SNMPTN berdasarkan tahun.
Perbandingan peminat TF ITERA pada jalur SBMPTN berdasarkan tahun.

Adapun kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN di tahun 2018 maupun 2019 ialah 45 orang. Persaingan antar calon mahasiswa menjadi amat sulit di tahun 2019 dengan rasio 1:7, artinya dari 7 pendaftar hanya 1 orang yang diterima.

Perbandingan peminat TF ITERA pada jalur SMMPTN berdasarkan tahun.

Melalui laporan terbuka ini kami mengajak seluruh calon mahasiswa di manapun berada untuk membuat strategi yang lebih baik agar dapat diterima di Teknik Fisika ITERA tahun 2020. Sebagaimana tampak pada paparan sebelumnya bahwa kuota penerimaan melalui SNMPTN belum pernah terpenuhi. Dengan semakin diperbaruinya aturan UTBK dan SNMPTN 2020, mudah-mudahan para orang tua dan calon mahasiswa dapat lebih bijaksana mempersiapkan rencana-rencananya.

Hormat kami,
Teknik Fisika ITERA

Kompetisi Mahasiswa Sedunia Schneider Go Green 2020

Schneider Go Green ialah kompetisi mahasiswa sedunia yang fokus pada mengembangkan solusi inovatif dan energi berkelanjutan untuk kota cerdas. Mencapai kesuksesan pada perhelatan tahun 2019, dan saat ini berlanjut memasuki tahun ke-10. Nyatakan dan wujudkan ide hijaumu di https://gogreen.se.com/ lalu daftarkan!

Sekarang Go Green menunggumu! Gagasanmu bisa mengantarkan pada perjalanan sekali seumur hidup ke Schneider Electric’s Global Innovation Summit di Las Vegas.

Tentang: Schneider Electric menjadi pemimpin Transformasi Digital pada bidang Manajemen Energi dan Otomasi. SE selalu mencari gagasan baru yang mampu membentuk masa depan industri dan perusahaannya.

Untuk mahasiswa Teknik Fisika yang berminat bisa masuk ke 4 kategori di atas. Apabila memerlukan bimbingan bisa menghadap ke ruang dosen di D213 untuk mengasah ide, strategi, dan eksekusinya.

Dari syarat di atas mahasiswa Teknik Fisika yang bisa terlibat adalah yang sudah memasuki tahun ke-2, atau yang sudah melalui Tahap Persiapan Bersama. Bagi mahasiswa yang masih di tahun ke-1 tetap bisa mempersiapkan untuk SE Go Green tahun 2021. Dalam persiapan tersebut jangan lupa mengasah kemahiran bercakap dan presentasi dalam Bahasa Inggris.