Peluncuran WorldGBC’s Health & Wellbeing Framework

Peluncuran WorldGBC’s Health & Wellbeing Framework

Pada Selasa, 10 November 2020 telah diluncurkan Health & Wellbeing Framework oleh Green Building Council tingkat Dunia (WGBC). Framework ini ditetapkan agar menjadi katalis berdampak sosial di dalam siklus nilai lingkungan binaan.

Didasarkan pada Pengembangan yang Berkelanjutan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), framework ini mendorong kesehatan dan keserasian bangunan dengan alam.

Selain itu, dunia dihadapkan dengan adanya pandemi COVID-19 telah menyatukan fokus perhatian antara lingkungan binaan dengan kesehatan manusia. Framework yang terdiri dari 6 prinsip merentang dari kualitas udara di dalam bangunan, hak asasi dalam supply chain, ketahanan menghadapi perubahan iklim, dan banyak lainnya.

Sumber: https://worldgbc.org/health-framework

Untuk mempelajari lebih jauh 6 prinsip framework ini dapat dibaca lebih lanjut pada masing-masing tautan berikut.

  1. Protect and Improve Health: Air Quality, Water Quality, Mental Health and Infectious Disease.
  2. Prioritise comfort for building occupiers: Thermal Comfort, Lighting, Acoustics, Visual, Erganomic and Inclusive Design.
  3. Design for harmony between the natural and built environments: Biophilic Design, Access to Nature, Biodiversity and Nature-Based Solutions.
  4. Facilitate positive behaviour and health: Active Design, Nutrition, Hydration, Social Connectivity.
  5. Create positive social value with buildings and communities: Human Rights, Construction Worker Health, Community Health and Social Value.
  6. Take climate action: Climate Change Mitigation, Adaptation and Resilience, Water Efficiency, Resource Efficiency and Material Health.

Baca juga Booklet WorldGBC Health & Wellbeing Framework.

Dalam peluncuran framework ini, dosen Teknik Fisika, Rifqi Ikhwanuddin turut serta dalam pertemuan sesi Zoom yang diselenggarakan WGBC. Di mana Rifqi sendiri adalah Green Associate di bawah organisasi Green Building Council Indonesia (GBCI).

Dengan partisipasi aktif civitas Teknik Fisika ITERA dalam sosialisasi hingga implementasi framework ini semoga membawa manfaat bagi Tri Dharma ITERA, Sumatera, dan Indonesia.

Categories: Aktivitas