Versi 1.1 – 1 September 2020

Sehubungan dengan akan dimulainya kegiatan belajar-mengajar secara daring pada Semester Gasal Tahun Ajaran 2020/2021, maka melalui artikel ini kami umumkan beberapa hal termasuk panduan perkuliahan bagi mahasiswa Teknik Fisika angkatan 2018 dan 2019.

Tabel 1. Diagram model perkuliahan di Teknik Fisika ITERA
SinkronAsinkron
Luar JaringanTidak AdaTidak Ada
Dalam JaringanDiscord, Miro, Slides, Google Meet,
Zoom, Kahoot, Quizizz
YouTube, Google Classroom,
LMS Kuliah ITERA

Mulai TA 2020/2021 ini Teknik Fisika ITERA menetapkan penyelenggaraan perkuliahan secara daring-sinkron menggunakan aplikasi Discord. Untuk itu kepada seluruh mahasiswa agar mengunduh aplikasi tersebut ke seluruh perangkat belajarnya (laptop, komputer, tablet, atau smartphone).


Pendahuluan

  1. Instal aplikasi Discord pada perangkat belajar
  2. Buat akun pribadi menggunakan email resmi mahasiswa ITERA
  3. Atur nama yang tertampil (nickname) dengan nama asli. Apabila nama terlalu panjang wajib disingkat
  4. Pasang foto diri yang sopan (wajah dapat terlihat jelas)
  5. Selesai

Penjelasan Istilah Discord

  • Server: merupakan Program Studi Teknik Fisika, di mana seluruh kegiatan akademik online ada di sini. Anda dapat berkegiatan belajar melalui Text Channel dan Voice Channel.
  • Text Channel: atau disingkat TC merupakan tempat dosen dan mahasiswa berinteraksi menggunakan teks secara diketik.
  • Voice Channel: atau disingkat VC merupakan tempat dosen dan mahasiswa berinteraksi menggunakan suara melalui mikrofon dan speaker.
  • Category: merupakan cara administrator membagi kelompok-kelompok channel agar lebih tertata dan mudah dilihat.
  • Nickname: nama panggilan asli sesuai dengan yang terdaftar pada SIAKAD ITERA. Nama yang sangat panjang boleh disingkat seperlunya.
  • Role: merupakan peran atau level akses sejauh mana pengguna Discord bisa menggunakan Server Teknik Fisika ITERA. Secara sederhana Role yang ada di Server ini adalah sebagai berikut:
    • dosen-TF: level akses yang hanya diberikan kepada dosen
    • ketua-kelas: level akses yang diamanahkan kepada Ketua Kelas (perwakilan angkatan)
    • mhsXXXX: level akses diberikan kepada mahasiswa pada spesifik kode Mata Kuliah tertentu. Misalnya ada Role mhs2105 artinya level akses mahasiswa untuk Mata Kuliah dengan Kode TF2105.
    • everyone: level akses anggota awam yang baru masuk Server.
  • Reaction: merupakan cara lebih seru bagi anggota Server untuk memberi tanggapan/reaksi terhadap sebuah postingan dengan menggunakan emotikon.
  • Voice Activity: merupakan mode input suara dengan deteksi otomatis melalui mikrofon yang tersedia. Fitur ini cocok untuk digunakan saat Anda berada di lingkungan yang tenang sepanjang waktu.
  • Push to Talk: merupakan mode input suara dengan tombol. Anda harus menekan tombol saat perlu bicara. Setting ini cocok digunakan apabila Anda berada di lingkungan yang cenderung berisik.

Cara Bergabung ke Discord

  1. Bergabunglah ke Server Discord Teknik Fisika ITERA.
  2. Anda akan masuk ke Text Channel bernama lobby. Di lobby Anda bisa mengirim teks dan pesan tersebut dapat dibaca oleh seluruh anggota Server (Dosen + mahasiswa 2018 + mahasiswa 2019).
  3. Untuk dapat masuk ke ruang Text Channel dan Voice Channel perkuliahan sesuai kode Mata Kuliah, Anda harus mendaftarkan diri melalui tautan ini agar Ketua Kelas yang telah kami tunjuk dapat memberikan level akses (role).
  4. Harap bersabar karena level akses diberikan secara manual.
    Ketua Kelas Angkatan 2018: Ismoyo Aji Sasmita
    Ketua Kelas Angkatan 2019: Yulianti Fatmawati
  5. Tugas Ketua Kelas adalah memberikan role teman-teman seangkatannya untuk masuk ke dalam kelas-kelas yang dia daftar.
  6. Setelah Ketua Kelas memberikan Anda level akses role tertentu maka Anda akan dapat melihat Text dan Voice Channel sesuai kode Mata Kuliah.

Cara Pengoperasian Discord

  1. Pada tahap ini Anda sudah didaftarkan Ketua Kelas ke dalam role yang sesuai dengan Mata Kuliah yang Anda daftar.
  2. Klik Text Channel untuk masuk ke dalam percakapan teks. Dosen dapat memberikan pengumuman, tautan, berkas, dan lain-lain di dalam Text Channel.
  3. Klik Voice Channel untuk masuk ke dalam obrolan suara bersama dosen dan mahasiswa lainnya. Untuk memaksimalkan pengalaman perkuliahan daring, setting dulu akun Anda pada input mode dari Voice Activity menjadi Push to Talk. Setiap Anda perlu bicara tekan tombol Push to Talk untuk mengaktifkan mikrofon.
  4. Fitur lain dapat Anda eksplor sendiri.

Penutup

Demikianlah panduan kuliah daring dengan Discord bagi mahasiswa Teknik Fisika ITERA. Apabila ada pertanyaan silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Secara berkala panduan ini dapat diperbarui sesuai kebutuhan.

Teknik Fisika

Jurusan Teknologi Produksi dan Industri (JTPI) • Institut Teknologi Sumatera

Leave a Reply