Laboratorium TF 1

Waveform Generator Rigol / DG1022

Sinyal Generator (Waveform Generator) merupakan perangkat elektronik yang memiliki kemampuan untuk membangkitkan gelombang, serta menghasilkan frekuensi tertentu. Dengan fitur Direct Digital Synthesis (DDS) technology, sinyal generator ini mampu membuat bentuk gelombang arbitrer dari satu jam referensi frekuensi tetap. Sinyal generator ini memiliki 2 output channel dengan frekuensi maksimum 20 MHz (5 MHz max square wave) dan memiliki LCD Display yang mampu menampilkan bentuk gelombang menggunakan 1 warna.

DC Power Supply Regulator Kuriston

DC Power Supply Regulator merupakan sebuah perangkat yang mampu mengkonversi arus listrik dari AC ke DC. Pada dasarnya, adaptor memiliki 4 bagian utama agar dapat menghasilkan arus DC yang stabil. Keempat bagian utama tersebut diantaranya adalah Transformer, Rectifier, Filter dan Voltage Regulator.

Digital Oscilloscope Rigol / DS1102E

Oscilloscope merupakan adalah alat ukur elektronika yang berfungsi memproyeksikan bentuk sinyal listrik agar dapat dilihat dan dipelajari. Oscilloscope ini memiliki fitur 2 Analog channels plus external trigger, 1 Million point deep memory 1 GSa/sec max sample rate, 5.7 TFT QVGA (320X240) with 64K color LCD backlit display, Trigger modes: edge, pulse width, slope, video, pattern, continuous time, dan alternate.

Laboratorium TF 2

Work Station Desk Pudak Scientific / GLF 158 05

Workstation Desk digunakan di laboratorium untuk menempatkan TPS dan sebagai meja kerja siswa dalam melaksanakan percobaan elektronik. Dilengkapi dengan kunci ON/OFF dan tombol darurat. Kaki meja dapat diatur ketinggiannya untuk mengatur kerataan meja. Meja dapat mudah dibongkar-pasang (knock down system).


Thermometer Thermocouple UNI-T / UT320D

Alat ini digunakan untuk mengukur temperatur menggunakan 2 Thermocouple yaitu tipe K dan tipe J dengan rentang pengukuran -50℃ ~ 1300℃. Pengukuran temperatur menggunakan alat ini dilakukan dengan kontak langsung dengan media yang diukur.

Arduino

Arduino merupakan serangkaian perangkat elektronik yang terdiri dari hardware dan software yang dapat digunakan sebagai piranti pengendali dari berbagai project . Dengan menggunakan prosessor Atmel AVR dan software yang mirip dengan pemrograman bahasa C serta sifatnya yang sangat terbuka, arduino ini sangat mudah digunakan oleh siapapun, baik orang teknik maupun orang awam.

Infrared Thermometer Benetech

Alat ini digunakan untuk mengukur temperatur yang menggunakan Infrared sebagai media pengukurannya. Rentang pengukuran alat ini berkisar -50℃ ~ 360℃.

Laboratorium TF 3

Advanced PLC Trainer Pudak Scientific

Advanced PLC Trainer dirancang untuk kemudahan pembelajaran untuk mengembangkan kemahiran dalam sistem otomatisasi industri. Model dan simulasi yang disertakan, menjadikan tujuan pembelajaran cepat tercapai dan sederhana.

Compact Workstation Festo

Compact Workstation merupakan alat praktikum yang dirancang untuk mempermudah mahasiswa dalam menganalisa sistem kontrol level air. Alat ini dilengkapi dengan 4 sensor yaitu sensor ultrasonik, sensor pressure, sensor flow rate, dan sensor temperatur. Selain itu alat ini juga dilengkapi dengan komponen pendukung seperti tank, proportional valve, pump, controller, 2 way ball valve, heating, trolley dan profile plate.

Laboratorium KK Sustainable & Intelligent Built-Environment

Dodecahedron Loudspeaker Nor276

Loudspeaker berdaya tinggi dengan karakteristik omnidirectional (segala arah). Dapat digunakan untuk berbagai pengukuran akustik yang mengacu pada standar:

  • ISO 10140-1:2010
  • ISO 16283-1:2014
  • ISO 3382

Tingkat daya luaran mencapai 120 dB re. 1pW untuk sinyal pink noise.

Hioki Lux Meter FT3424

Pengukur lux cahaya digunakan untuk berbagai aplikasi termasuk dari sumber LED. FT3424 menyediakan 5 macam rentang yaitu 20 lux hingga 200.000 lux

Aplikasi dari alat ukur ini memenuhi standar DIN 5032-7:1985 class B serta JIS C 1609-1:2006 general AA class. Dengan demikian mahasiswa dapat mengasah keahliannya dalam desain iluminansi di dalam maupun di luar bangunan.

Temperature Humidity Meter Fluke / 971

Humidity meter adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengukur jumlah air dan kelembaban dalam sebuah objek tertentu. Alat ini dapat mengukur kelembaban, aliran udara, dan tingkat suhu suatu zat. Alat ini juga dapat menentukan apakah suatu zat layak untuk digunakan dalam suatu lingkungan tertentu atau kondisi perindustrian. Alat ini biasanya dilengkapi dengan layar LCD untuk menampilkan hasil pengukuran.

Dell Precision 5820 Tower

Komputasi cepat dan tinggi dengan Intel Xeon, Dual GPU NVIDIA Quadro P2000, serta 32 GB Memory RAM memudahkan pembelajaran dan penelitian dalam analisis pemodelan dan simulasi.

Sound & Vibration Analyser Nor150

Sound Level Meter (SLM) mencakup berbagai aplikasi seperti pada asesmen bising lingkungan, akustik bangunan, intensitas bunyi, bising di industri, dan lain sebagainya.

Mahasiswa memperoleh pengalaman belajar terbaik menggunakan alat ukur Class 1 dengan keakuratan tinggi.

Lutron Light Meter LX-105

Pengukuran lux cahaya untuk berbagai mode sumber pencahayaan dari lampu tungsten, cahaya alami, fluorescent, sodium, dan mercury. Rentang pengukuran juga dapat divariasikan dari 2.000 lux sampai 50.000 lux.

Audio Interface Behringer UMC202

Soundcard diperlukan dalam perekaman dan reproduksi fenomena bunyi. Soundcard memungkinkan mahasiswa mengolah sinyal multi input dan multi output. Perangkat ini portable dan memerlukan daya listrik yang rendah melalui konektor USB.

Laboratorium KK Sustainable Technology Material

Fumehood (Lemari Asam) Labtech LFH-120SCI

Lemari Asam (Fume Hood) adalah fasilitas penunjang yang harus tersedia di laboratorium terutama untuk laboratorium yang berkaitan dengan penggunaan zat mudah menguap dan bersifat berbahaya bagi kesehatan. Fungsi dari seperangkat peralatan ini adalah untuk mengurangi paparan zat atau mikroorganisme berbahaya terhadap personel yang bekerja. Selain itu juga berfungsi untuk mengurangi bahan yang ditimbulkan dari efek samping bahan yang digunakan.

DX-50 Hall Effect Measurement System

Alat untuk menganalisis sifat-sifat listrik dari bahan semikonduktor seperti Carrier Concentration, Sheet Carrier Concentration, Mobility, Resistivity, Hall Coefficient, Magneto resistance, I-V curve and I-R curve measurement parameters. Material yang dapat diukur menggunakan alat ini di antaranya adalah kelompok:

  1. Semiconductor materials: SiGe, SiC, InAs, InGaAs, InP, AlGaAs, HgCdTe and ferrite materials etc.
  2. Low impedance material: metal, transparent oxide, weak magnetic semiconductor materials, TMR material, etc.
  3. High impedance material: Semi-insulating GaAs, GaN, CdTe, etc.

Hotplate Stirrer: Thermo Scientific / Cimarec+

Hotplate Stirrer yang mampu menghasilkan panas hingga mencapai 540 °C dan mampu mengaduk hingga mencapai 1500 rpm ini digunakan untuk mengaduk dan memanaskan suatu larutan kimia.

Pengadukan pada alat ini menggunakan metode magnetik yang bertujuan agar pengguna mampu mencampurkan larutan kimia hingga mencapai larutan yang homogen.

Jenway 6850 Double Beam Spectrophotometer

Optik yang sangat stabil dan dua detektor dalam mengukur sampel dan referensi secara simultan, mengoptimalkan akurasi pengukuran.

Alat ini memiliki mode pengukuran untuk fotometrik, konsentrasi, multi-wavelength (panjang gelombang), pemindaian spektrum, kinetika, kuantisasi, DNA/RNA dan analisis protein.

Alat ini terkait dengan praktikum pada topik bidang material maju seperti teknologi film tipis, nanoteknologi dan nanomaterial, serta ilmu dan teknologi material secara umum dalam hal analisis sifat-sifat optik.