Kurikulum

Kurikulum Teknik Fisika Tahun 2019
Warna Kategori Keterangan
UMUM Kuliah sikap dan keterampilan umum
ANALITIKAL Kuliah keterampilan analisis matematika
KOMPUTASIONAL Kuliah/praktikum keterampilan menggunakan komputer
EKSPERIMENTAL Praktikum keterampilan eksperimen (laboratorium)
SAINS REKAYASA Kuliah pengetahuan dasar sains maupun sains terapan
DESAIN REKAYASA Kuliah pengetahuan/keterampilan khusus rekayasa

Mahasiswa Program Studi Teknik Fisika harus menempuh minimal 144 SKS (Satuan Kredit Semester) yang terbagi dalam 8 semester. Secara garis besar program dilakukan dalam dua tahap yaitu:

  1. Tahap Persiapan Bersama (TPB) yang dikelola Lembaga Tahap Persiapan Bersama (LTPB). Mahasiswa pada tahap ini diharapkan memperoleh pemahaman serta penguatan pada ilmu sains dasar. Durasi normal TPB dilakukan dalam 2 semester atau sebanyak 36 SKS. Mahasiswa harus menyelesaikan TPB dalam kurun waktu maksimal 2 tahun.
  2. Tahap Sarjana secara langsung dikelola program studi. Durasi normal tahap sarjana ialah selama 6 semester atau 108 SKS yang melibatkan tugas akhir. Mahasiswa harus menyelesaikan tahap sarjana dalam kurung waktu maksimal 4 tahun.

Mahasiswa dapat menyelesaikan program studi dalam kurun waktu 4 tahun atau maksimal 6 tahun.

Satu tahun perkuliahan di ITERA terdiri dari 2 semester reguler yaitu semester gasal dimulai pada bulan Agustus sampai Desember dan semester genap dimulai pada bulan Januari sampai Mei. Mata kuliah per 1 SKS yang ditempuh oleh mahasiswa sebanding dengan 1 jam perkuliahan di kelas, 1 jam pembelajaran terstruktur (tutorial, tugas atau kerja lapangan) dan 1 jam belajar mandiri per minggu. Adapun beban SKS pada e-learning (pembelajaran daring) dapat menggantikan pembelajaran terstruktur dan atau belajar mandiri.

Setiap mahasiswa dapat mendaftarkan jumlah mata kuliah hingga 20 SKS, apabila IP > 3,00 maka ia dapat mengajukan hingga 24 SKS per semester. Dengan adanya fleksibilitas ini, mahasiswa memungkinkan menyelesaikan seluruh perkuliahan 3,5 tahun.

Informasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) berikut panduannya tersedia di website https://kkn.itera.ac.id/

Laman diperbarui Administrator pada 10 Februari 2020.

Daftar Mata Kuliah Semester 1 - 8

Capaian Lulusan Program Studi Teknik Fisika (% dari 144 SKS)

Etika & Profesionalisme 9.4%
Komunikasi 8.6%
Kerja sama 8.7%
Pembelajaran 10.9%
Pemecahan Masalah 33.8%
Rekayasa 17.5%
Eksperimen 11.1%