• Post author:
  • Post category:Fasilitas
  • Reading time:2 min(s) read
  • Post last modified:16/02/2021

Institut Teknologi Sumatera menjadi pilot project atau percontohan nasional dalam pengembangan bus kampus oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Pada tahun 2019 Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menghibahkan sebanyak 10 (sepuluh) unit bus kepada ITERA untuk dikembangkan menjadi Smart Bus Rapid Transit atau BRT ITERA.

Smart BRT ITERA tidak hanya menjadi moda trasnportasi publik bagi mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan ITERA, tetapi juga melayani masyarakat umum di sekitar rute yang dilalui bus.

Smart BRT ITERA menempuh dua trayek utama yaitu ITERA – Way Kandis – Jalan Terusan Ryacudu menuju Kota Baru, dengan Panjang lintasan 12,13 km, dan trayek ITERA – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan sepanjang 15,30 km. Di dalam Kampus, SMART BRT ITERA menghubungkan asrama mahasiswa dan seluruh gedung perkuliahan ataupun laboratorium dengan jumlah ritasi 4 – 6 kali per hari. Jam operasional bus dimulai pukul 05.45 pagi hingga pukul 19.45 malam.

Dalam pengembangannya Smart BRT ITERA akan dilengkapi dengan teknologi pendeteksi lokasi keberadaan bus atau GPS Tracking system dan menerapkan pembayaran secara digital, sehingga memudahkan pengguna.

Smart BRT ITERA juga dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan akademik, seperti saat mahasiswa melakukan kuliah kerja nyata, praktik kerja lapangan hingga kegiatan lain di masing-masing program studi, dan Unit Kegiatan Mahasiswa.

Selain menjadi moda transportasi bagi sivitas akademika ITERA, SMART BRT ITERA yang akan melalui rute Lampung Selatan dan Kota Bandar Lampung ini diharapkan dapat turut serta mengembangkan potensi ekonomi masyarakat di lingkungan kampus.

Dengan beroperasinya SMART BRT ITERA diharapkan dapat memberikan pilihan moda perjalanan yang nyaman dan inklusif bagi sivitas akademika ITERA dan masyarakat umum.

Sumber: YouTube Institut Teknologi Sumatera

Teknik Fisika

Jurusan Teknologi Produksi dan Industri (JTPI) • Institut Teknologi Sumatera