TF – TALK #9 : “Thermoelectric Properties of A 2D Materials : A Computational Study”

TF – TALK #9 : “Thermoelectric Properties of A 2D Materials : A Computational Study”

Pembukaan

Program Studi Teknik Fisika Institut Teknologi Sumatera (ITERA) bersama Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika menyelenggarakan TF TALK 9 yang mengangkat tema “Thermoelectric Properties of A 2D Materials : A Computational Study”. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Dr. Safsan Arman Wella S.Si, M.Si, M.Sc, Ph.D.  sebagai Researcher dari Pusat Riset Fisika Kuantum, Badan Riset dan Invovasi Nasional yang dipandu oleh moderator Septia Eka Marsha Putra, S.Si., M.Eng, Ph.D. yang merupakan salah satu Dosen Program Studi Teknik Fisika Institut Teknologi Sumatera. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 14 Maret 2022 pukul 14.00-16.00 WIB, Lampung Selatan.

Sambutan Sekretaris Program Studi Teknik Fisika ITERA

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Sekertaris Program Studi Teknik Fisika ITERA Al Barra Harahap, S.Si., M.Si. yang membahas sekilas terkait Program Studi Teknik Fisika ITERA dan hubungannya terkait pembelajaran di Teknik Fisika ITERA dengan bahasan materi kegiatan ini.

Dalam pemaparan materi, narasumber menjelaskan mengapa material termoelektrik sangat dibutuhkan, apa itu material termoelektrik, apa saja yang telah ditemukan oleh ilmuwan mengenai material termoelektrik. Material termoelektrik pertama kali ditemukan oleh Thomas Johann Seebeck pada tahun 1821. Ia membuat sebuah apparatus untuk membuktikan bahwa Ketika ada perpindahan panas, maka ada elektron yang mengalir menghasilkan medan magnet.

Dengan adanya TF TALK 9 ini diharapkan dapat menambah wawasan kepada para peserta webinar mengenai sifat termolektrik dari material 2 dimensi melalui studi komputasi.

Categories: Aktivitas