Prodi Teknik Fisika Kenalkan Perkembangan Teknologi Nano dan Komputasi Material Kepada Siswa- Siswi SMA Xaverius Bandar Lampung

Prodi Teknik Fisika Kenalkan Perkembangan Teknologi Nano dan Komputasi Material Kepada Siswa- Siswi SMA Xaverius Bandar Lampung

ITERA NEWS. Program Studi Teknik Fisika Institut Teknologi Sumatera (ITERA) melakukan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) dengan memperkenalkan nanoteknologi dan aplikasinya kepada siswa-siswi di SMA Xaverius di Jl. Cendana, Rw. Laut, Enggal, Kota Bandar Lampung, Lampung pada Selasa 26 Januari 2022. Pihak SMA Xaverius menerima kunjungan Prodi Teknik Fisika ITERA dengan sangat terbuka yang diwakili oleh Wakil Kepala Bidang Humas Ibu Martha Rini Suharti beserta Guru mata pelajaran Fisika. Pada kesempatan ini disampaikan pemaparan yang bertajuk “Pengenalan Riset : Eksperimental dan Simulasi dalam Bidang Nanoteknologi dan Nanosains”.

Program Pengmas tersebut dihadiri oleh Koordinator Prodi Teknik Fisika Dr. Eng. Lukman Nulhakim, S.Si., M.T., dosen ITERA Septia Eka Marsha Putra, S.Si, M. Eng, PhD., dari kelompok keahlian Sustainable Technology Material (STM) dan Ferizandi Qauzar Gani, S.T., M.T. dari kelompok keahlian Sustainable Intelligent Build Environment (SIBE), serta perwakilan mahasiswa Teknik Fisika ITERA Wahid Salahudin (118320015), Ramadhany Kurnia Pratama (118320006), dan Ryan Tristan (119320050).

Pengabdian masyarakat kali ini berisikan pengenalan Program Studi Teknik Fisika yang  dipaparkan oleh Dr. Eng. Lukman Nulhakim, S.Si., M.T., dan pengenalan riset eksperimental dan simulasi dalam bidang nanoteknologi dan nanosains kepada siswa SMA oleh Septia Eka Marsha Putra, S.Si, M. Eng, PhD dan Tim. Selama pemaparan, dijelaskan betapa pentingnya nanoteknologi beserta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Pada Kesempatan ini juga dijelaskan dan di peragakan proses teknik sintesis dan karakterisasi nanomaterial secara sederhana, serta bagaimana proses pemodelannya. Selain hal tersebut, siswa juga diberikan penjelasan mengenai konsep fisika kuantum dan komputasi sebagai suatu metode untuk mengembangkan nanomaterial. 

“Sebagai seorang pelajar kita jangan takut untuk menjadi tidak tahu dengan hal-hal yang terdengar advance atau maju. Justru itulah kita belajar untuk menjadi tahu.” Ujar Eka untuk memotivasi siswa.

Dalam kegiatan tersebut para siswa dikenalkan dengan simulasi menggunakan ORCA dan AVOGADRO untuk mengetahui struktur molekul, vibrasi molekul, dan proses optimisasi molekul air. Selain itu siswa juga dikenalkan dengan lapisan film tipis yang dideposisi pada substrat sehingga memiliki resistivitas tertentu. Lapisan tipis yang memiliki resistivitas akan memiliki beragam aplikasi dalam dunia rekayasa diantaranya untuk sensor, optik, dan semikonduktor.

Koordinator Prodi Teknik Fisika Dr. Eng. Lukman Nulhakim, S.Si., M.T., berharap dari Pengmas yang telah dilakukan di SMA Xaverius ini dapat menambah wawasan secara dini terkait bidang Teknik Fisika dan aplikasi ilmu nanoteknologi dan komputasi material. Selain itu diharapkan siswa siswi lebih terpacu untuk mempelajari ilmu Teknik Fisika dan Irisan nya serta mampu menumbuhkan rasa ingin tahu dan ketertarikan siswa terhadap ilmu pengetahuan yang semakin maju. (Rilis/Humas)

Categories: Aktivitas