• Post author:
  • Post category:Aktivitas
  • Reading time:1 min(s) read
  • Post last modified:10/12/2021

Program Studi Teknik Fisika Institut Teknologi Sumatera bersama dengan Himpunan Teknik Fisika menyelenggarakan kunjungan industri yang bertema “Visiting Industri With Aryacitya”. Kegiatan ini menghadirkan dosen Bapak Septia Eka Marsha Putra, S.Si, M. Eng, PhD dan Ibu Laras Fadillah, S.T., M.Si., Ph.D. Sebagai perwakilan dari Teknik fisika ITERA. Kegiatan ini berlangsung pada 23 November 2021 pukul 08.00 WIB hingga 15.00 di Pembangkit Listrik Tenaga Uap ( PLTU ) Tarahan Lampung Selatan.

Dalam kegiatan kunjungan industri memberikan materi tentang PLTU Tarahan, seperti sejarah pltu tarahan, lokasi lokasi yang terhubung dengan pltu tarahan, Cara kerja alat alat pembangkit listrik, siklus pembangkitan listrik. PLTU Tarahan Lampung Selatan dioperasikan penggunaannya pada Tahun 2007, namun pada tahun 2012 unit 3 dan unit 4 PLTU Tarahan mengalami kerusakan sehingga terjadi pemadaman bergilir. Sampai akhirnya saat ini tidak ada pemadaman listrik bergilir lagi karena wattnya sudah cukup besar. Nett plant heat rate yaitu mengukur efesiensi pembangkit yang beroprasi dengan dipengaruhi oleh kualitas bahan bakar dan umur mesin masih menjadi urusan PLTU tarahan. 

Dengan adanya kunjungan industri ini dapat menambah wawasan kepada para mahasiswa atau calon insinyur untuk membuka pandangan baru terhadap pembangkit listrik atau sebuah mesin yang menggunakan pengontrol PID dalam pengaplikasian teknologi fisika itu sendiri. 

Teknik Fisika

Jurusan Teknologi Produksi dan Industri (JTPI) • Institut Teknologi Sumatera