• Post author:
  • Post category:Aktivitas
  • Reading time:2 min(s) read
  • Post last modified:29/11/2021

Program Studi Teknik Fisika Institut Teknologi Sumatera bersama dengan Himpunan Teknik Fisika menyelenggarakan TF TALK 8 yang bertema “HILIRASI TEKNOLOGI TEPAT GUNA DI SUMATERA: APLIKASI TEKNOLOGI FISIKA PLASMA PADA BIDANG PERTANIAN”. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Dr. Ahmad Fauzi, M.Si. Sebagai pengawas koperasi pertanian berkah abadi jaya, serta moderator  Al Barra Harahap, S.Si., M.Si. sekaligus merupakan salah satu dosen di Teknik Fisika ITERA dan Sekretaris Program Studi Teknik Fisika ITERA. Kegiatan ini berlangsung pada 26 November 2021 pukul 14.00 WIB hingga selesai, Lampung Selatan.

Dalam acara ini narasumber menyampaikan beberapa pengalaman serta ilmu sosial yang beliau hadapkan dalam masyarakat dalan acara TF TALK 8 ini secara singkat dijelaskan bahwa ada beberapa jenis-jenis plasma yaitu Plasma dingin, Plasma Termik, dan Plasma Panas sementara di Indonesia sendiri penelitiannya hanya membahas plasma dingin. Dielectric Barrier Discharge (DBD) untuk plasma dingin untuk membuat plasma tersebut dalam skala kecil/skala lab. Yang menarik pada sistem DBD ini adalah ketika memasukkan oksigen dalam zona plasma maka oksigen tersebut bisa bereaksi atau terurai sehingga membentuk senyawa baru yaitu ozon. Dan menurut beliau ada beberapa manfaat ozon diantaranya dapat membunuh virus dan bakteri, dengan cara tersebut ini dapat diaplikasikan untuk bidang pertanian.

Dengan adanya TF TALK 8 ini dapat menambah wawasan kepada para mahasiswa atau calon insinyur untuk membuka pandangan baru terhadap bidang pertanian dalam pengaplikasian teknologi fisika itu sendiri, serta memperkenalkan teknologi kepada para petani atau masyarakat awam untuk mengubah cara bertani lebih ke modern dan lebih efisiensi.

Teknik Fisika

Jurusan Teknologi Produksi dan Industri (JTPI) • Institut Teknologi Sumatera