• Post author:
  • Post category:Aktivitas
  • Reading time:2 min(s) read
  • Post last modified:18/11/2021

Lampung Selatan, 17 November 2021 pukul 13.00 WIB. Program Studi Teknik Fisika Institut Teknologi Sumatera (ITERA) bersama Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika menyelenggarakan TF TALK 7 dengan tema “DASAR ETIKA PROFESI BEKAL BERKARIR DI INDUSTRI”. Kegiatan ini menghadirkan  narasumber  Ir. Fadly Arirja Gani, S.T., M.T. Sebagai konsultan teknik serta Ferizandi Qauzar Gani, S.T., M.T. yang merupakan salah satu dosen di Teknik Fisika ITERA. 

Dalam sambutannya, Sekretaris Program Studi Teknik Fisika Al Barra Harahap, S.Si., M.Si. membahas sekilas  terkait program studi Teknik Fisika ITERA dan hubungannya terkait pembelajaran di lingkungan Teknik Fisika ITERA dengan bahasan materi webinar tentang Etika Profesi.

Materi bahasan yang disampaikan narasumber dalam acara webinar ini secara singkat dijelaskan bahwa etika profesi meliputi empat kriteria dasar, yakni: tanggung jawab, keadilan, otonom, dan integritas. Menurut beliau etika profesi khususnya dalam dunia keinsinyuran diartikan sebagai perilaku yang diterima secara bersama sekelompok orang dalam organisasi (profesi) tertentu dan etika profesi di dunia keinsinyuran saat ini sudah mulai menjadi perhatian khusus komunitas profesi insinyur dengan adanya pelaksanaan amanat UU No.11 tahun 2014 yang menjelaskan tentang keinsinyuran (UUK) di mana dalam aturan tersebut sudah diberlakukannya aturan terkait penyelenggaraan kode etik seperti contohnya yaitu aturan dalam melakukan investigasi dugaan adanya pelanggaran KEI (Kode Etik Insinyur).

Kegiatan ini dirasakan perlu untuk dilaksanakan mengingat bahwa pemahaman etika terkait adanya nilai-nilai dasar yang mengacu pada nilai moral. Sehingga individu profesi insinyur dapat menanamkan kebijaksanaan pada diri sendiri dalam melaksanakan kegiatan keprofesiannya.

Teknik Fisika

Jurusan Teknologi Produksi dan Industri (JTPI) • Institut Teknologi Sumatera