• Post author:
  • Post category:Aktivitas
  • Reading time:2 min(s) read
  • Post last modified:11/11/2021

Program Studi Teknik Fisika (TF) Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mengajak guru dan tenaga pendidik untuk bisa memanfaatkan platform digital untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Hal tersebut direalisasikan dengan melaksanakan pelatihan tentang “Pembuatan Presensi Berbasis Layanan Google Cloud Platform (GCP)” dan “Penggunaan Media KAHOOT dalam Pembuatan Kuis dan Evaluasi Pembelajaran Secara Menarik dan Praktis” di SMAN 12 Bandar Lampung pada 9 November 2021.

Kegiatan yang diikuti oleh guru-guru dari SMAN 12 Bandar Lampung tersebut diisi oleh dosen Teknik Fisika ITERA Ferizandi Qauzar Gani, S.T., M.T., pada materi Penggunaan Media KAHOOT dalam Pembuatan Kuis dan Evaluasi Pembelajaran Secara Menarik dan Praktis serta pada materi Pembuatan Presensi Berbasis Layanan Google Cloud Platform (GCP).

Koordinator Program Studi Teknik Fisika ITERA, Dr. Eng. Lukman Nulhakim, S.Si., M.T., dalam sambutannya menyampaikan pentingnya beradaptasi dengan perkembangan jaman dan mampu menggunakan platform digital dalam proses pendidikan. Dalam hal ini para guru akan diberikan pelatihan dalam pembuatan presensi dengan memanfaatkan GCP guna integrasi data yang lebih baik serta memanfaatkan platform KAHOOT untuk membuat kuis dan evaluasi pembelajaran yang menarik dan praktis.

Sementara dalam pemaparannya, Ferizandi, menjelaskan terkait apa itu media KAHOOT, tujuan, cara menggunakan, hingga membuat evaluasi pembelajaran menggunakan KAHOOT. Ferizandi juga menyampaikan bahwa penggunaan KAHOOT dalam proses belajar bisa meningkatkan minat antusiasme siswa dalam mengerjakan tugas karena tampilan KAHOOT yang menarik dan praktis. Di sisi lain KAHOOT juga memudahkan para guru dalam membuat soal dan memberikan penilaian kepada siswa karena hasil evaluasi KAHOOT yang bisa dengan mudah diolah lebih lanjut dalam sistem penilaian.

Pada materi kedua, dijelaskan tentang cara membuat presensi yang dinamis daring berbasis GCP dan cara mengintegrasikan antara Google Form, Google Spreadsheet dan Google Datastudio dalam mengolah data presensi. Pemateri juga membagikan pengalamannya, dalam pembuatan presensi daring untuk mahasiswa di Program Studi Teknik Fisika yang sudah terintegrasi dengan GCP sehingga memudahkan dalam pemeriksaan kehadiran baik dosen maupun mahasiswa..

Dalam pelatihan yang diadakan dalam rangka pengabdian masyarakat tersebut, PLH SMAN 12 Bandar Lampung (Waka Kurikulum) Drs. Misman Asmadi, dan jajarannya  mengucapkan terima kasih dan berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilanjutkan dan dikembangkan sehingga bisa memberi sudut pandang baru dalam proses pendidikan. Dalam kegiatan tersebut para guru aktif berinteraksi dengan pemateri dalam proses pelatihan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya dialog antara guru dan pemateri terkait teknik dalam membuat KAHOOT untuk berbagai tipe soal dan kuis hingga cara menyusun dashboard yang menarik untuk menampikan kompilasi presensi. (Rilis/)

Teknik Fisika

Jurusan Teknologi Produksi dan Industri (JTPI) • Institut Teknologi Sumatera