• Post author:
  • Post category:Aktivitas
  • Reading time:2 min(s) read
  • Post last modified:20/09/2021

Lampung Selatan, 14 September 2021. Program Studi Teknik Fisika bersama Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika ITERA menyelenggarakan webinar daring yang kali ini bertopik energi terbarukan.Acara ini mengundang Mohammad Fahmi Rizal, S.T., M.T sebagai nara sumber untuk membawakan materi yang membahas “Pemanfaatan Solar Panel di Wilayah Perkotaan Sebagai Sumber Energi Terbarukan” sebagaimana latar belakang pekerjaan beliau sebagai insinyur Solar PV dari Warung Energi, PT. Lintas Usaha Ekonomi.

Acara dimulai sekitar pukul 13.00 WIB dipandu oleh Nike Dwi Grevika Drantantiyas, S.Si., M.T., salah satu dosen Teknik Fisika ITERA, dan dibuka langsung oleh Sekretaris Program Studi Teknik Fisika, Al Barra Harahap, S.Si., M.Si. Dalam pembukaannya beliau menyampaikan kebahagiaan beliau TF ITERA kembali mampu menghadirkan ruang belajar secara luas untuk mendapatkan informasi melalui webinar daring TF Talk seri kelima.

Materi acara ini mengungkap bahwa pertumbuhan penggunaan modul PV di Indonesia berkembang sangat pesat terlebih lagi penggunaannya dalam pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap. Disampaikan oleh Mohammad Fahmi Rizal, S.T., M.T bahwa potensi penghematan dari PLTS bisa mencapai 20 % sampai 30 %. Hal ini mengarah kepada bertumbuhnya penyerapan tenaga kerja di industri pemasangan PV.

Bahwa diproyeksikan ada sekitar 52 % pertumbuhan penyerapan tenaga kerja dalam pelaksanaan pembangunan PV atau PLTS dari tahun 2020 sampai tahun 2030 mendatang

Beliau juga menambahkan bahwa saat ini ada skema dari beberapa perusahaan yang terjun dalam bidang PLTS bersedia menginvestasi sejumlah dana kepada pihak-pihak yang memiliki lahan agar dibangun PLTS atap untuk menghasilkan listrik.

Acara webinar daring ini juga diramaikan dengan sesi diskusi yang panjang ditandai dengan antusiasme peserta yang silih berganti mengajukan pertanyaan seputar PLTS. Acara ini diikuti oleh peserta yang bukan hanya berasal dari lingkungan ITERA namun juga diikuti oleh masyarakat industrial dari beragam instansi yang jumlahnya tembus di angka 300 peserta.

Teknik Fisika

Jurusan Teknologi Produksi dan Industri (JTPI) • Institut Teknologi Sumatera