• Post author:
  • Post category:Aktivitas
  • Reading time:2 min(s) read
  • Post last modified:03/05/2021

Program Studi Teknik Fisika ITERA mengadakan Sosialisasi Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) bersama guru SMP N 44 Bandar Lampung, yang berlangsung selama dua hari yaitu pada tanggal 28-29 April 2021. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang diketuai oleh Dr. Eng Lukman Nulhakim, S.Si, M.T melibatkan seluruh dosen Program Studi Teknik Fisika dan beberapa mahasiswa. Bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dalam kondisi pandemic Covid—19 yang dilaksanakan secara online.

Kegiatan PkM berlangsung selama dua hari, pada hari pertama materi yang disampaikan mengenai Sosialisasi teknis pembuatan media pembelajaran menggunakan Zoom, dengan narasumber Nike Dwi Grevika Drantantiyas, S.Si., M.T. Selama kegiatan berlangsung terlihat antusias para guru SMP N 44 Bandar Lampung, yang dalam hal ini materi yang disampaikan oleh narasumber sangat relevan dengan permasalahan yang saat ini ditemui oleh para guru, yaitu membuat media pembelajaran yang menarik dan simple. Pada hari kedua materi sosialisasi mengenai Teknik pembuatan rubrik penilaian dengan menggunakan Google Classroom, dengan narasumber Rifqi Ikhwanuddin, S.T., M.T. materi sosialisasi di hari kedua ini tidak kalah menarik para guru untuk mengikuti setiap materi yang disampaikan, karena selama ini dalam kegiatan penilaian hasil belajar peserta didik, guru masih melakukan pengoreksian dengan cara manual, meskipun peserta didik mengerjakan ujian melalui Google Classroom. Oleh karena itu dengan adanya materi yang disampaikan oleh narasumber diharapkan mampu mempermudah para guru kedepannya untuk dapat menggunakan Rubrik penilaian pada Google Classroom, selain untuk efisiensi waktu rubrik penilaian juga dirasa tepat untuk meningkatkan kemampuan Asesemen bagi para guru.

Kepala UPT SMP Negeri 44 Bandar Lampung, Hj. Udina,S.Pd, M.M. sangat mengapresiasi kegiatan yang di laksanakan oleh dosen ITERA. “Selama ini guru-guru kesulitan dalam melakukan pembelajaran daring, oleh karena itu kami pihak sekolah berharap kegiatan pelatihan ini, tidak hanya terhenti sampai disini, kami berharap kegiatan pelatihan ini akan terus berlanjut untuk meningkatkan kompetensi para guru”

Teknik Fisika

Jurusan Teknologi Produksi dan Industri (JTPI) • Institut Teknologi Sumatera