• Post author:
  • Post category:Aktivitas
  • Reading time:1 min(s) read
  • Post last modified:15/09/2021

Lampung Selatan, 27 Maret 2021. Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika ITERA dengan sukses menyelenggarakan webinar “Pelatihan Dasar IoT”. Dalam pengembangannya, IoT memudahkan manusia dalam mengetahui, mempelajari hingga mengendalikan sistem secara real time.

Pelatihan seri ini lebih mengarah ke pembahasan seputar pengenalan dan penggunaan Arduino dan Tinkercad secara sederhana dan potensinya untuk pemanfaatan teknologi dalam memudahkan kehidupan manusia yang mana dewasa ini manusia menginginkan untuk mengurangi gerakan yang tidak dibutuhkan. “Pada fase mencari kemudahan hidup manusia cenderung memanfaatkan teknologi dan mencari cara bagaimana manusia tidak banyak bergerak.” Ujar Al Barra Harahap, S.Si., M.Si. yang merupakan salah satu staff akademik dari Teknik Fisika ITERA.

Dalam kesempatan yang sama juga Ahmad Suaif, S.Si., M.Si., pembicara 1 yang juga staff akademik Teknik Fisika ITERA, turut mendemonstrasikan penerapan Arduino dalam mengendalikan nyala lampu secara nirkabel. Dengan hanya menggunakan ardunio, bluethooth HC-06 dan relay yang dikoneksikan dengan dengan smartphone, ia berhasil menyalakan dan memadamkan lampu secara nirkabel.

Teknik Fisika

Jurusan Teknologi Produksi dan Industri (JTPI) • Institut Teknologi Sumatera