• Post author:
  • Post category:Aktivitas
  • Reading time:2 min(s) read
  • Post last modified:26/03/2021

Kamis, 25 Maret 2021 Program studi Teknik Fisika melakukan kunjungan ke Balai Penelitian Teknologi Mineral (BPTM) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yang berada di Jl. Ir. Sutami, Serdang, Kec. Tj. Bintang, Kabupaten Lampung Selatan. Rombongan berjumlah 6 orang yang terdiri dari Dosen-dosen yang teridiri dari kelompok keilmuanmaterial teknolgi berkelanjutan dan Lingkungan binaan,serta laboran Teknik Fisika.

Pihak prodi TF dan BPTM berdiskusi terkait jalinan kerjasama bidang Kerja Praktik, Tugas Akhir dan Kolaborasi Penelitian dalam Penguatan Fungsi Tridarma Perguran Tinggi. Pada kesempatan tersebut kepala BPTM menyampaikan bahwa pada dasarnya BPTM terbuka dan menyambut baik untuk segala aktivtas Kerja Praktik, Tugas Akhir dan Kerjasama Riset. Banyak hal yang dapat dilakukan diantaranya, mengagas proposal Hibah Bersama untuk dana penelitan, pelaksanaan kerja praktik oleh mahasiswa, dan tugas akhir. 

Diharapkan Kerjasama ini juga melahirkan output berupa hasil penelitian dan meningkatkan jumlah dosen yang berkegiatan diluar prodi. Pada kesempatan itu juga telah dilaksanakan sharing informasi mengenai topik-topik irisan bidang antara para peneliti di BPTM dan dosen prodi TF. Agenda lainnya yaitu meninjau sarana dan prasarana dilingkungan BPTM khususnya yang berkaitan dengan alat-alat karaktrisasi dan sintesis, vabrikasi material dan mineral, serta logam dan nonlogam .

Fasilitas BPTM sudah sangat mencukupi untuk menunjang kegiatan Kerja Praktik, Tugas Akhir dan tentunya polaborasi penelitian untuk program studi teknik fisika. 

Teknik Fisika

Jurusan Teknologi Produksi dan Industri (JTPI) • Institut Teknologi Sumatera