• Post author:
  • Post category:Aktivitas
  • Reading time:2 min(s) read
  • Post comments:0 Comments
  • Post last modified:3 June 2020

Prodi Teknik Fisika, melakukan project UAS pada mata kuliah Mekatronika yaitu Kajian Ilmiah Design Aktuator pada berbagai bidang. Kajian Ilmiah ini meminta mahasiswa untuk mengkaji design aktuator untuk berbagai bidang seperti bidang pertanian, bidang industri, robotik, bidang transportasi dan bidang-bidang lainnya.

Nike Dwi Grevika Drantantiyas, S.Si, M.T., selaku salah satu Dosen Pengampu Mekatronika menjelaskan bahwa projek ini merupakan bagian dari UAS yang bertujuan untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yaitu :

  1. kemampuan mengidentifikasi, merumuskan dan memecahkan masalah rekayasa yang kompleks dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip rekayasa, sains, dan matematika
  2. kemampuan melakukan desain rekayasa untuk menghasilkan solusi yang memenuhi kebutuhan tertentu dengan memperhatikan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan publik, serta faktor-faktor global, kultur, sosial, lingkungan, dan ekonomi.

Adapula tujuan lain yang sangat diharapkan dari projek ini. Projek UAS ini merupakan bentuk lain dari “Research based Learning” yang sudah dirancang untuk mahasiswa, apalagi disaat kondisi PANDEMIK COVID -19.

Kemampuan mahasiswa yang dilatih dalam projek ini adalah mengasah dan mengembangkan soft skill yaitu mengkaji, meneliti (observasi), memotong (cut information), mengkritisi, dan meringkas atau menyimpulkan.

Kemampuan-kemampuan ini yang sebenarnya dasar yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa sebagai seorang calon engineer bahkan agent of change. Mahasiswa diajak keluar dari zona “tempurung” nyaman perkuliahan dengan bertujuan untuk dapat melek terhadap perkembangan teknologi yang semakin berkembang setiap saat.

Projek UAS ini dilaksanakan oleh mahasiswa secara berkelompok (sekitar 4-5 orang), dengan total 9 kelompok. Mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih topik bidang. Selanjutnya, mahasiswa diminta membuat kajian ilmiah dalam bentuk karya ilmiah dan video presentasi yang bertujuan untuk mengedukasi hasil pemikiran kajian mereka. Kajian-kajian hasil karya mahasiswa adalah sebagai berikut:

  1. Kelompok 1: https://youtu.be/A5YuUon2Qr4
  2. Kelompok 2: https://youtu.be/kwhQczbHoO4
  3. Kelompok 3: https://youtu.be/9dlAo4NX8OU
  4. Kelompok 4: https://youtu.be/ZraM-DiFfHI
  5. Kelompok 5: https://youtu.be/HQIkOsCx0FQ
  6. Kelompok 6: https://youtu.be/sm_ewbk2i_o
  7. Kelompok 7: https://youtu.be/hwohqxET3UM
  8. Kelompok 8: https://youtu.be/2HSFxJCMVU0
  9. Kelompok 9: https://youtu.be/2LPvft3KvlY

Semoga projek mahasiswa ini dapat mengedukasi dan memberikan pengetahuan tentang dunia Mekatronika. Mohon beri 1 like sebagai bentuk support untuk mengapresiasi kinerja mahasiswa serta bentuk positif untuk perkembangan mahasiswa.

Teknik Fisika

Jurusan Teknik Elektro Informatika dan Sistem Fisis (JTEIF) • Institut Teknologi Sumatera

Leave a Reply