Grafik-grafik berikut menunjukkan perbandingan peminat calon mahasiswa Teknik Fisika Institut Teknologi Sumatera dari tahun 2018 ke 2019. Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di ITERA dapat ditempuh melalui 3 jalur: SNMPTN, SBMPTN, dan SMMPTN.

Secara total minat terjadi kenaikan signifikan, namun secara amatan spesifik pada jalur SNMPTN terjadi penurunan minat. Sementara pada jalur SBMPTN terjadi kenaikan 4 kali lipat. Kuota penerimaan mahasiswa melalui jalur SNMPTN adalah 45 orang, sementara dua tahun belakang kuota tersebut tidak pernah terpenuhi.

Perbandingan peminat TF ITERA pada jalur SNMPTN berdasarkan tahun.
Perbandingan peminat TF ITERA pada jalur SBMPTN berdasarkan tahun.

Adapun kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN di tahun 2018 maupun 2019 ialah 45 orang. Persaingan antar calon mahasiswa menjadi amat sulit di tahun 2019 dengan rasio 1:7, artinya dari 7 pendaftar hanya 1 orang yang diterima.

Perbandingan peminat TF ITERA pada jalur SMMPTN berdasarkan tahun.

Melalui laporan terbuka ini kami mengajak seluruh calon mahasiswa di manapun berada untuk membuat strategi yang lebih baik agar dapat diterima di Teknik Fisika ITERA tahun 2020. Sebagaimana tampak pada paparan sebelumnya bahwa kuota penerimaan melalui SNMPTN belum pernah terpenuhi. Dengan semakin diperbaruinya aturan UTBK dan SNMPTN 2020, mudah-mudahan para orang tua dan calon mahasiswa dapat lebih bijaksana mempersiapkan rencana-rencananya.

Hormat kami,
Teknik Fisika ITERA

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *