Dosen Teknik Fisika membawa nama baik Institut Teknologi Sumatera ke Jepang dalam rangka Joint Research, beliau adalah Pak Dr. Eng., Lukman Nulhakim, S.Si., M.T. Beberapa tahun yang lalu beliau adalah mahasiswa doktoral di Kochi University of Technology yang dibiayai melalui mekanisme Special Scholarship Program (SSP).

Peta Kampus Kochi University of Technology.

Sepulang studi S3, beliau kembali ke Indonesia untuk menjadi dosen ITERA. Hampir 2 tahun menjadi dosen kemudian ada kesempatan joint research bagi alumni doktoral SSP. Program ini berdurasi 1 bulan, beliau berkesempatan melaksanakan penelitian menggunakan peralatan laboratorium yang canggih serta berdiskusi secara langsung dengan tim riset bereputasi dunia.

Dr. Eng., Lukmanul Hakim, M.T. di sebuah Ruang Belajar di KUT.

Riset yang beliau laksanakan berkisar pada lapisan tipis ZnO yang terdeposit dengan sistem sputtering untuk aplikasi optoelektronik, seperti pada TCO sebagai elektroda transparan untuk teknologi layar, solar cell, OLED, sensor gas, dan lain-lain.

Kesempatan ini amat berharga bagi institusi, sebab seusai program tersebut beliau dapat lanjut mengolah data dan sampel yang dibuat di Jepang. Kolaborasi riset Jepang-Indonesia memungkinkan nama ITERA dikenal di level internasional. Luarannya pun sangat jelas yaitu publikasi penelitian yang bereputasi karena didukung tim riset yang handal.

Bagi mahasiswa yang berminat untuk kelak mempersiapkan studi lanjut S2/S3 ke Kochi University of Technology dapat menghubungi Pak Lukman sepulang dari Jepang.

Vivat TF ITERA!
Dari Sumatera Untuk Indonesia!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: