Dewasa ini, teknologi sudah semakin sangat maju dengan tujuan mempermudah pekerjaan manusia. Salah satu perkembangan teknologi tersebut adalah internet of things atau lebih dikenal IoT. Apa yang dimaksud dengan IoT?

IoT dideskripsikan sebagai jaringan dari objek fisis yang dilengkapi dengan sensor, software, dan teknologi lain untuk dihubungkan dan pertukaran data dengan peralatan dan sistem lain melalui internet. Misalnya, teknologi IoT yang sudah sering kita manfaatkan adalah aplikasi Gojek. Salah satu fitur gojek adalah pencarian lokasi yang sebenarnya diperoleh dari komponen GPS kita sehingga dapat menginformasikan lokasi kita maupun driver gojek. Namun tidak hanya itu, masih banyak bidang lain yang bisa dikembangkan dengan IoT misal bidang kesehatan, transportasi, keamanan, ekonomi dan lain-lain.

Dengan perkembangan teknologi IoT ini, Prodi Teknik Fisika ITERA mengembangkan kurikulum melalui mata kuliah Internet of Things, mata kuliah pilihan yang ditempuh di semester genap (semester 6).

Mata kuliah yang diampu oleh Dosen Teknik Fisika ITERA, Nike Dwi Grevika Drantantiyas, S.Si., M.T. dan Ahmad Suaif, S.Si., M.Si., berisi perkuliahan dari dasar sampai pengembangan gagasan Teknologi IoT.

Sebagai keluaran mata kuliah ini adalah membuat research based learning atau dikenal tugas besar di akhir perkuliahan. Untuk mencapai capaian pembelajaran dan lulusan Teknik Fisika yang unggul, hasil dari research based learning didaftarkan kompetisi sebagai karya original dari mahasiswa yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret dengan tema “IoT Technology for COVID-19 Pandemic Recovery”.

Berikut karya terbaik dari Research Based Learning MK Internet of Thing. 

Teknik Fisika

Jurusan Teknologi Produksi dan Industri (JTPI) • Institut Teknologi Sumatera