Teknik Fisika – Institut Teknologi Sumatera (ITERA)

"Jack of All Trades, Master of Some"

               

Profil Program Studi

Teknik Fisika merupakan program studi yang bergerak di bidang batas antara sains dasar dan ilmu rekayasa. Lulusan Teknik Fisika akan memiliki kompetensi yang tinggi dalam fisika, matematika, dan dasar rekayasa.

Lulusan Teknik Fisika akan memiliki pengetahuan dasar mengenai matematika dan fisika, kemudian mengaplikasikannya dalam kebutuhan rekayasa. Lulusan Teknik Fisika dapat menyelesaikan masalah yang melibatkan perbatasan antara dua atau lebih disiplin ilmu berbasis fisika yang berbeda, sebagai contoh:

  • Dinamika fluida dan pengontrolan aliran di dalam pipa menggunakan kontrol PLC/DCS
  • Penggunaan pendekatan berbasis fisika kuantum dan fisika material untuk energi terbarukan
  • Perancangan sistem pengkondisian udara (air conditioning), sistem pencahayaan, dan sistem akustik untuk home theater ataupun bangunan dengan fungsi khusus lainnya

 

Teknik Fisika adalah program studi untuk calon mahasiswa yang memiliki minat tinggi untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan matematika dan fisika mereka dan tertarik untuk mengaplikasikannya dalam menyelesaikan permasalahan industri.

Teknik Fisika, dari ilmu dasar hingga menyelesaikan masalah industri

 

Berdasarkan skema di atas, kita bisa melihat langsung bagaimana bidang-bidang keahlian Teknik Fisika dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah industri. Pendekatan penyelesaian masalah (problem solving) dimulai dari identifikasi masalah umum, kemudian memilih pendekatan dan gugus-gugus keilmuan yang dapat dijadikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Sebagai contoh:

  • Perkembangan teknologi semakin mendekati Revolusi Industri 4.0. Teknologi otomasi semakin dibutuhkan di industri untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi produksi. Lulusan Teknik Fisika dengan pengetahuan Instrumentasi dan Kontrol dapat merancang sistem sensor dan aktuator untuk berbagai macam plant pabrik, dan mengintegrasikannya dengan komponen-komponen lain dalam proses produksi. Kemampuan Instrumentasi dan Kontrol ini membutuhkan pengetahuan mengenai sensor (contoh: sensor laser), aktuator, dan pemrograman PLC/DCS didasari dengan pengetahuan dasar matematika, fisika, dan komputasi (simulasi).
  • Kebutuhan energi dunia semakin tinggi, dan efek lingkungan dalam penggunaan energi semakin perlu diperhatikan. Lulusan Teknik Fisika dapat berperan dalam pengembangan teknologi energi terbarukan yang ramah lingkungan, misal menggunakan sel bahan bakar (fuel cell) maupun sel surya (photovoltaic cell). Lulusan Teknik Fisika memiliki kemampuan fisika dan kimia yang menjadi dasar pengetahuan Ilmu dan Teknologi Material. Ilmu dan Teknologi Material inilah yang digunakan untuk merancang materi sel surya dan sel bahan bakar yang lebih efisien dan ekonomis. Penggunaan teknologi komputasi/simulasi juga dapat digunakan untuk mempermurah biaya penelitian dan pengembangan material-material fungsional tersebut.
  • Teknologi Smart Building dan Internet of Things  semakin populer belakangan ini. Untuk membangun bangunan yang ramah lingkungan tetapi memiliki tingkat kenyamanan penggunaan yang tinggi, keilmuan Fisika Bangunan dan Instrumentasi-Kontrol sangat dibutuhkan. Dengan keilmuan Fisika Bangunan, lulusan Teknik Fisika dapat merancang bangunan yang memiliki temperatur nyaman, pencahayaan baik, dan memiliki performa akustik prima yang dikombinasikan dengan kemampuan Instrumentasi dan Kontrol untuk merancang pengontrol otomatis untuk sistem-sistem yang digunakan dalam Smart Building. Perancangan dilakukan dengan pengetahuan dasar matematika dan fisika yang sesuai, dan kemampuan melakukan simulasi sebelum mengaplikasikan rancangan tersebut ke bangunan.

 

Dengan luasnya cakupan pengetahuan dasar dari lulusan Teknik Fisika, ada banyak irisan dengan bidang keteknikan lainnya. Lulusan Teknik Fisika diharapkan dapat menjadi penyambung antar disiplin dalam kolaborasi di industri. Dengan semakin tipisnya batas antara satu bidang dengan bidang lainnya, kolaborasi antar bidang semakin sering terjadi.

Irisan bidang keahlian Teknik Fisika dalam Program Studi lain di Indonesia.

Irisan bidang keahlian Teknik Fisika dalam Program Studi lain di Indonesia.

Semua mata kuliah di atas dapat dipelajari di Teknik Fisika dalam kuliah wajib maupun pilihan, serta dalam Tugas Akhir. Hal ini membuat lulusan Teknik Fisika mudah beradaptasi dan berkolaborasi pada bidang kerja yang multidisiplin dengan keahlian-keahlian lainnya. Berdasar objek ilmu pengetahuannya, program studi Teknik Fisika menyasar sistem Multifisika yang kompleks dan saling berhubungan. Dengan demikian, lulusan Teknik Fisika juga mempunyai kesempatan bidang kerja yang sama dengan program studi teknik lainnya.

Copyright © 2018 Teknik Fisika - UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)